Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Komisi Shopee Affiliates Program

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Di era digital saat ini, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, salah satunya adalah menjadi affiliator Shopee Affiliates Program.

Shopee Affiliates Program adalah sebuah program dari Shopee bagi para creator dimana kamu bisa memasarkan produk-produk yang ada di markatplace ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Blog, Youtube dan lain-lain dengan hanya membagikan link produk yang sudah kamu ambil dari Shopee Affiliates Program. Jika ada orang yang membeli produk tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Buat kamu yang sudah tergabung menjadi partner di Shopee Affiliate, pasti penasaran bukan sudah berapa komisi yang kamu dapatkan dari  promosi dengan membagikan link produk di sosial media?

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara cek komisi Shopee Affiliates Program bulan lalu, minggu ini, bulan ini, kemarin dan hari ini. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Cek Komisi Shopee Affiliates Program

Untuk mengecek komisi yang sudah kamu dapatkan di Shopee Affiliate, ada dua cara yang bisa kamu gunakan yakni sebagai berikut:

1. Melalui Notifikasi Info Shopee

  • Buka aplikasi Shopee di HP Android atau iPhone, atau bisa juga di Shopee Web
  • Jika Shopee sudah terbuka, klik menu Notifikasi lalu klik Info Shopee

  • Disini kamu bisa melihat notifikasi laporan mingguan dari Shopee Affiliates Program yang telah kamu ikuti, klik laporan yang ingin kamu lihat.

  • Selanjutnya klik Laporan Order & Komisi

  • Nah disini kamu bisa melihat laporan mingguan berupa komisi mingguan, komisi Xtra dan Total Pesanan Selesai dari Shopee Affiliate Program yang kamu jalankan.

  • Selesai

2. Melalui menu Shopee Affiliates Program

  • Buka aplikasi Shopee di HP atau laptop
  • Klik menu Saya lalu scroll kebawah dan pilih Shopee Affiliates Program

  • Selanjutnya klik menu Komisi dan di sini kamu bisa melihat total estimasi komisi yang sudah kamu dapatkan di bulan ini

  • Disini kamu juga bisa mengecek laporan kinerja dalam hal ini pesanan affiliate dan klik dalam waktu bulan ini, 7 hari terakhir dan kemarin.
  • Selesai.

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Hilang?

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa komisi shopee affiliate saya hilang atau berubah menjadi 0 di dashboard Shopee Affiliates? Biasanya saldo Shopee Affiliate akan berubah menjadi 0 tiap awal bulan.

Hal tersebut dikarenakan komisi yang sudah kamu dapatkan setelah melalui proses akumulasi saldo sudah dicairkan ke rekening bank atau ShopeePay. Jadi ada baiknya kamu mengecek riwayat transaksi untuk memastikan komisi kamu sudah cair atau belum.

Cara Mencarikan Komisi Shopee Affiliate

Agar komisi Shopee Affiliate kamu bisa dicarikan, pertama-tama kamu harus menambahkan alamat pembayaran berupa rekening bank di Shopee Affiliates Program kamu.

Selaras dengan yang disampaikan oleh pihak Shopee pada portal website resmi Shopee bahwa komisi akan dibayarkan melalui ShopeePay dan Bank Transfer ke nomor rekening yang telah kamu daftarkan di halaman Pengaturan Pembayaran setiap 2 (dua) minggu sekali di setiap bulannya. Periode pembayaran komisi akan dicantumkan pada notifikasi mingguan.

Adapun beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan sehubungan dengan pencarian komisi Shopee Affliates ke ShopeePay dan bank transfer adalah:

  • Mohon diperhatikan bahwa proses pembayaran adalah 1 (satu) minggu, tergantung proses di bank terkait.
  • Jika periode waktu 1 (satu) minggu tersebut belum selesai, maka proses pembayaran masih berjalan dan tidak dikategorikan sebagai keterlambatan.
  • Pastikan ShopeePay kamu belum mencapai limit akumulasi saldo masuk per bulan, yaitu sebesar Rp20.000.000 untuk akun yang belum upgrade ke ShopeePay Plus dan Rp40.000.000 untuk akun yang sudah upgrade ke ShopeePay Plus).
  • Pembayaran nominal komisi di bawah Rp10.000 akan ditunda dan digabungkan dengan komisi di jadwal pembayaran berikutnya hingga mencapai nominal Rp10.000.

Metode Pembayaran Shopee Affiliate

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada dua jenis metode pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk mencarikan komisi dari Shopee Affiliates Program yakni melalui rekening bank / bank transfer (BRI, BNI, BCA, Mandiri, dll) dan melalui ShopeePay.

Berapa Komisi Shopee Affiliate?

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, berapa komisi yang bisa didapatkan dari Shopee Affiliates Program untuk 1 produk yang berhasil terjual? Untuk saat ini, komisi di Shopee Affiliate dibagi menjadi dua kategori yakni:

  • Untuk pembeli baru kamu akan mendapatkan komisi sebesar 10%
  • Untuk pembeli lama, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 2,5%

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Cek Komisi Shopee Affiliates Program, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close