Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Votum (Arti Kata, Ayat, Contoh)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam setiap ibadah entah itu ibadah hari minggu, ibadah keluarga, ibadah syukuran, ibadah kedukaan, ibadah pemuda, ibadah natal dan lain-lain, biasanya pendeta atau pemimpin ibadah memulainya dengan Votum. Lalu apa sebenarnya arti dari votum dalam ibadah?

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan apa itu Votum, mulai dari pengertian Votum, arti kata Votum dan contoh Votum. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Arti Kata Votum Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti votum adalah pembacaan ayat-ayat suci pada acara kebaktian di gereja Protestan sebelum khotbah

Apa Itu Votum?

Istilah Votum berasal dari bahasa Latin yakni Voveo yang dapat berarti ikrar, harapan, sumpah. Ikrar, janji, sumpah atau kaul kepada Tuhan atau dewa.

Para rahib di biara mengucapkan votum (kaul) pada waktu menyatakan diri menjalani hidup membiara menurut atau dibawah regula biara tersebut. Didalam votum terkandung permohonan, harapan, dan sumpah dari yang mengucapkannya.

Penyataan "dalam nama Tuhan" waktu akan melakukan segala hal. Kolose 3:17 menuliskan "Apapun yang kamu lakukan, baik dengan perkataan maupun perbuatan, lakukanlah semua itu dalam nama Tuhan." Walaupun istilah votum terdapat dalam tradisi ibadat reformasi, namun maknanya sejajar dengan bismillah (dengan menyebut/dalam nama Allah) dalam Islam.

Umat katolik biasa mengucapkan "in nomine Patris, et Filii, et Spiritus Sancti (dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus)", namun tidak menyebutnya votum.

Penyebutan "dalam nama" ini biasa disertai dengan tanda salib: dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus, baik imam maupun umat. 

Votum bisa diucapkan di awal ibadat, awal dan atau akhir doa, pada penumpangan tangan dan penahbisan, Baptisan, dan sebagainya. Dalam situasi tertentu, votum juga diucapkan sebagai sumpah, misalnya: sumpah jabatan.

Gereja-gereja reformasi / Calvinis di Indonesia biasa mengucapkan "Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi" (Mzm. 124:8; Vulg. Mzm. 123:8, auxilium nostrum in nomine Domini qui fecit caelum et terrum) sebagai votum.

Sebenarnya tidak ada hubungan antara votum dengan ucapan "dalam nama" ini; mungkin karena  auxilium atau adiutorium terdengar mirip dengan votum sehingga gereja-gereja Reformasi / Protestan di Indonesia menamakannya votum.

Contoh Votum, Ayat Votum, Isi Votum

Biasanya dalam ibadah-ibadah, kalimat votum bersumber dari Mazmur 124: 8 bahwa: “Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi” (atau dengan pernyataan yang lain). Pernyataan ini adalah pernyataan pengkhotbah yang mewakili Allah di hadapan umat. Dalam pernyataan ini maka jemaat menjawabnya dengan: “Amin… amin… amin.” (percaya).

Referensi:

1. Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

2. Aplikasi KBBI

3. Aplikasi Alkitab

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close