Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Video Menjadi Link Online Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah mendapatkan tugas dari dosen atau guru untuk membuat video namun video tersebut tidak dikirim dalam bentuk MP4 melainkan dalam bentuk link. Oleh karena itu, kamu harus mengubah video tersebut menjadi link terlebih dahulu sebelum dikirimkan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah video menjadi link, salah satunya dengan memanfaatkan cloud storage (penyimpanan awan) dari Google Drive.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan data tersinkronikasi yang dikembangkan oleh Google. Google Drive memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data seperti video, gambar, dokumen, audio, dll di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas.

Dengan cara ini, kamu tinggal mengupload video dari galeri HP atau folder ke Google Drive dan jika video sudah selesai diupload, kamu tinggal menyalin link video tadi. 

Link tersebut bisa kamu kirimkan ke orang lain dan ketika orang tersebut mengklik link dari Google Drive, mereka akan langsung diarahkan ke halaman Google Drive untuk menonton dan mendownload film.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah video menjadi link secara online tanpa aplikasi, menggunakan Google Drive di HP Android, iPhone, Laptop atau PC. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Video Menjadi Link Online Tanpa Aplikasi

Untuk mengubah video menjadi link di HP atau laptop menggunakan Google Drive, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan yakni sebagai berikut:

1. Upload Video ke Google Drive

  • Siapkan video yang hendak diubah menjadi link.
  • Buka browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Operamini di HP Android, iOS, laptop / PC
  • Masuk ke laman situs Google Drive melalui link berikut: https://drive.google.com/drive/
  • Selanjutnya klik Baru di pojok kiri atas

  • Lalu klik Upload File

  • Buka folder tempat kamu menyimpan video → pilih video → Open

  • Tunggu beberapa saat sampai video selesai diupload ke Google Drive

  • Selesai.

2. Copy Link Video Google Drive

Setelah mengupload video di Google Drive, selanjutnya kamu bisa menyalin (copy) link video. Berhubung karena video yang telah diupload ke Google Drive status aksesnya biasa Dibatasi (hanya orang yang memiliki akses yang dapat membuka link) maka perlu diubah terlebih dahulu menjadi Siapa saja yang memiliki link. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat tutorial berikut.

  • Cari video yang sudah diupload tadi ke Google Drive
  • Klik kanan pada file video lalu klik Dapatkan link

  • Selanjutnya ke bagian Akses umum, klik Dibatasi

  • Lalu ubah menjadi Siapa saja yang memiliki link. Jika sudah klik Salin link dan terakhir klik Selesai
  • Nah dengan demikian, link akan tersimpan secara otomatis ke clipboard di HP atau laptop kamu.
  • Selesai.

3. Share Link Video Google Drive

Link video yang sudah kamu salin tadi dan tersimpan ke clipboard kemudian bisa kamu share atau bagikan ke orang lain entah itu melalui WhatsApp (WA), Messenger, Telegram dan lain-lain.

Ketika orang lain membuka link tersebut, mereka bisa menonton atau mendownload video secara langsung tanpa harus meminta akses izin dari si pengupload video lagi. Hal tersebut dikarenakan kita sudah mengubah Akses video dari Dibatasi menjadi Siapa saja yang memiliki link.

Kesimpulan

Satu catatan penting yang harus kamu perhatikan sebelum mengupload video ke Google Drive adalah ukuran video. Berhubung karena Google Drive hanya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB di cloud storagenya bagi user gratisan, oleh karena itu jika videomu memiliki ukuran yang besar ada baiknya video tersebut dikompers atau diperkecil ukurannya terlebih dahulu sebelum diupload ke Google Drive.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Video Menjadi Link Online Tanpa Aplikasi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close