Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Nama Belakang di Excel Secara Otomatis

Menghapus nama belakang secara otomatis di Microsoft Excel bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur Replace. Semisal kamu mempunyai sebuah data berisi nama-nama lengkap orang yang bekerja pada suatu perusahaan. Namun bos kamu meminta agar nama belakang pada data tersebut dihapus sehingga hanya menyisakan nama depan saja.

Kalau kita menghapus nama belakang satu per satu, maka pengerjaannya akan lama apalagi jika nama yang akan dihapus sampai ribuan atau puluhan ribu.

Oleh karena itu, saya akan memberikan sebuah trik Excel yang sangat berguna dimana kamu bisa menghilangkan nama belakang di Excel secara otomatis, hanya dalam satu kali klik.

Cara Menghilangkan Nama Belakang Secara Otomatis di Excel

Disini saya akan menggunakan MS Excel 2013 untuk menghapus nama belakang pada sebuah data. Cara ini menggunakan suatu kode format yang disisipkan pada sel Excel melalui fitur Find & Replace. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Buka program aplikasi Microsoft Excel
  • Buka file berisi data yang akan dihilangkan nama belakangnya lalu seleksi semua data nama.
  • Klik menu Home ⇾ Find & Select ⇾ Find... (Ctrl+F)

  • Jika kotak dialog Find and Replace muncul, klik bagian Replace lalu di Replace what, isi dengan spasi satu kali lalu bintang ( *), tanpa dalam kurung. Jika sudah klik Replace All. Perhatikan gambar dibawah ini.

  • Dengan demikian semua nama belakang pada data yang diseleksi akan dihapus secara otomatis.

  • Selesai

Sebenarnya cara diatas digunakan untuk menghilangkan semua data di sebelah kanan setelah spasi pertama. Spasi lalu diikuti tanda bintang (*) menandakan bahwa semua data setelah spasi akan dicari dan diganti dengan kosong karena pada bagian Replace with tidak diisi apa-apa alias kosong.

Namun jika pada bagian Find what hanya diisi tanda bintang (*) tanpa spasi maka semua data yang ada dalam sel yang diseleksi akan hilang. Oleh karena itu jangan lupa untuk menekan spasi satu kali pada keyboard laptop agar data setelah spasi dapat dihapus secara otomatis.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close