Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berubah Job di The Legend of Neverland

The Legend of Neverland merupakan sebuah permainan bertemakan MMORPG dimana para pemain akan disuguhi sebuah cerita dan petualangan di dunia fantasi, melawan berbagai macam monster, menyelesaikan dugeon, menyelesaikan misi untuk mendapatkan reward, Player VS Player, Guild VS Guild dan lain-lain.

Saat pertama kali membuat karakter, pemain akan diberikan 4 buah pilihan job yang bisa digunakan yakni Gladiator (Swordman), Scholar (Mage), Craftsman (Artisan), dan Ranger (Archer).

Walaupun demikian, di dalam permainan player sewaktu-waktu bisa mengganti job mereka. Semisal job awal kamu adalah Swordman, kamu bisa menggantinya menjadi Mage, Archer, atau Craftsman.

Nah pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan tutorial mengenai cara berubah job di game The Legend of Neverland (TLON) untuk pemula.

Job di The Legend of Neverland

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa di game The Legend of Neverland terdapat 4 job yang bisa kamu gunakan. Nah berikut ini penjelasan masing-masing job agar kamu tidak salah memilih job.

1. Gladiator (Swordman)

Gladiator atau Swordman merupakan job yang paling banyak digunakan oleh para player di The Legend of Neverland. Hal tersebut dikarenakan job ini memiliki skill yang tidak terlalu sulit digunakan. Disamping itu, output damage yang dikeluarkanpun cukup besar serta defense yang bisa diandalkan. Jika kalian ingin memilih job ini ada baiknya memfokuskan stat kalian ke protect atau penetration.

Secara garis besar, job ini memiliki 2 develop skill yakni:

a. Gladiator-Rock

  • Saat melepaskan skill "Gladiator" mendapatkan efek immune knockback.
  • Mendapatkan tambahan attack dari 3% max HP.
  • Setelah melepaskan skill yang mengonsumsi HP, setiap detik akan memulihkan 4% HP karakter yang hilang saat ini, berlangsung 6 detik.

b. Berseker - Ash Out

  • Dalam kondisi Non Rage setiap 3 detik mendapatkan 15% point rage, saat rage mencapai 100%, melepas skill "Berseker" akan memasuki kondisi Rage, saat point Rage mencapai 0% maka akan keluar dari kondisi Rage.
  • Kondisi Rage: Setiap konsumsi 10% poin Rage, menurunkan 50% Deff diri sendiri, menurunkan attack dari 150% poin dan Imune Knockback. (Dalam kondisi Rage mengganti job akan mereset point Rage).
  • Saat skill "Berseker" terhadap musuh dengan HP dibawah 50% maka akan mendapatkan 10% Rage, lalu sesuai HP musuh yang sudah hilang memberi tambahan 25%-50% damage.

2. Ranger (Archer)

Archer atau pemanah merupakan job yang juga banyak peminatnya. Biasanya job ini akan sangat berguna dalam PvP seperti Summit, Ledder Arena, dan Shrine Peak karena mampu memberikan damage yang sangat besar. Namun kekurangan job ini adalah defensenya yang cukup lemah. Jika kalian ingin menggunakan job ini, ada baiknya memfokuskan stat kalian pada critical dan penetration.

Archer memiliki 2 develop skill yang bisa kalian pilih dan pakai, yakni:

a. God Archer - Hawk Eye

  • Setiap cast (Skyshatter) meningkatkan damage (Multi Arrows) 35% pada serangan selanjutnya (sampai 105%)
  • (Skyshatter) mempunyai 40% kemungkinan menurunkan CD (Multi Arrows) selama 4 detik ketika mengenai musuh. Pasti trigger crit.
  • Nilai crit karakter +10%
b. Chaser-Wind Control
  • (Windchaser) skill CD -40%
  • Meningkatkan dodge +1
  • Setelah mengeluarkan Shock Arrow, mendapatkan bonus setara 20% dari pengurangan CD (termasuk pengurangan CD Windchaser) selama 5 detik. Trigger CD: 10 detik.

3. Sholar (Mage)

Mage merupakan salah satu job yang biasa digunakan untuk secondary job karena bisa dipasangkan dengan semua job utama seperti Swordman, Gunner dan Archer. Selain bisa memberikan damage yang besar, Mage juga bisa menjadi support bagi tim berkat skill healnya. Jika kalian ingin bermain menggunakan job ini, ada baiknya memfokuskan stat pada resist dan penetration.

a. Adjudicator-Judge

  • Setiap setelah kamu melepas 4x skill "Adjudicator", maka damage skill berikut +50% dan mendapat efek penguatan
    Coldfire Bird: tambahan summon 2 Fire Bird
    Kiss of Frost Wyrm: Tubuh ice dragon semakin besar
    Assaulting Hurricane: kecepatan strom semakin lambat, area semakin besar
    Magnet Link: Tanah yang tersapu oleh laser meninggalkan burn pada tanah
  • Setelah penguatan skill mengenai musuh, karakter dalam 8 dektik selanjutnya melepaskan 2 skill awal "Adjudicator", waktu CD berkurang 2 detik, efek ini setiap 25 detik hanya bisa memicu 1 kali.

b. Holy Sacrifite-Blessing

  • Saat melepas skill "Priest" mendapat efek shield dan super armor dari 10% HP, selama 5 detik, interval memicu 20 detik.
  • Durasi efek buff yang ditambahkan dengan skill kamu serta "Priest" meningkat 60%.

4. Artisan / Gunner / Craftsman

Entah kenapa di The Legend of Neverland sangat sedikit player yang menggunakan job Gunner entah itu menjadi job utama atau job kedua. Padahal gunner adalah job paling kuat ketika kita membicarakan tentang damage. Selain itu, jarak tembak gunner juga cukup jauh. Namun seperti halnya Archer, kelemahan gunner berada di Defense yang lemah. Jika kalian ingin bermain menggunakan job gunner, ada baiknya memfokuskan peningkatan pada penetration, critical dan defence.

a. Launcher-Overload

Dalam kondisi overload, rate crit akhir dan damage crit "firearm master" +35%

b. Mechanic Berserk

  • Meningkatkan durasi unit yang disummon (mechanician) sebesar 60%
  • Meningkatkan attack unit yang disummon (mechanician) setara defence pengguna x40%.

Cara Berubah Job di The Legend of Neverland

Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan job di The Legend of Neverland, selanjutnya saya akan membahas mengenai cara mengganti job di TLON. Siapa tahu job yang kamu pakai sekarang kurang enak dan ingin mencoba job yang lain. Berikut tutorialnya:

1. Beli Scroll Berubah Job

Pertama-tama buka aplikasi game The Legend of Neverland lalu login menggunakan akun kamu.

Agar bisa berubah job, terlebih dahulu kamu harus membeli item Scrooll Berubah Job di Toko Ladder. Harganya 5000 koin Medal Arena. 

Koin Medal Arena bisa kamu dapatkan melalui event Ladder Arena dengan menantang player lain.

2. Pergi ke NPC Horok di Map Sophilia Kingdom

Langkah selanjutnya adalah cari NPC Horok (Master Senjata) di map Sophilia Kingdom. 

Kamu juga bisa menemukan NPC ini dengan cara klik icon Garis Tiga di pojok kanan atas lalu klik fitur Skill. Disini kamu akan melihat fitur Berubah Job, klik fitur tersebut maka karakter kamu akan ke NPC Master Senjata secara otomatis.

3. Konfirmasi Berubah Job

Silahkan berbicara dengan NPC Master Senjata dengan mengklik fitur obrolan yang muncul di layar, kemudian akan muncul dialog, klik Konfirm Berubah Job.

Pertama, silahkan pilih job utamamu. Semisal disini saya mengganti job utama dari Archer ke Gladiator.

Kemudian pilih Job Sekunder (Job Kedua). Berubung disini job kedua saya adalah Craftsman (Gunner), saya akan mengubahnya ke Scholar (Mage).

Kemudian akan muncul dialog seperti ini "Yakin mengubah job utama menjadi Swordman dan job kedua menjadi Mage? Dibutuhkan scroll berubah job x1. Klik Yakin.

Akan muncul sekali lagi dialog "Apakah kamu yakin ingin berubah job? Berubah job tidak bisa dikembalikan", klik Yakin.

Maka secara otomatis job kamu akan diubah sesuai dengan yang kamu pilih tadi.

4. Upgrade Skill

Ketika selesai berubah job, semua skill yang sudah kamu upgrade baik Develop Skill dan Advanced Job akan direset. Tapi tenang saja, material Skill Rubbing dan Sisa Kekuatan Asli akan dikembalikan 100% sehingga bisa kamu gunakan untuk mengupgrade skill di job barumu.

Q&A

1. Apakah Stat di Senjata Lama Akan Hilang Ketika Berubah Job?

Tidak. Semua Stat di senjata lama akan ditransfer ke stat senjata baru.

2. Apakah BP akan turun ketika Berubah Job?

Tergantung, bisa ya bisa juga tidak. Pengalaman saya ketika berubah job dari Swordman ke Archer, BP saya drop sekitar 40 ribuan. Namun ketika berubah job dari Archer ke Swordman, BP saya malah naik.

3. Apakah perlu membeli Skill Reset Orb  ketika berubah job?

Tidak! Salah satu kesalahan pemula ketika hendak berubah job adalah ikut membeli Skill Reset Orb di Toko Guild yang harganya 10.000 koin Kontribusi Guild. Item ini sebenarnya berfungsi untuk mereset skill yang sudah diupgrade dan mengembalikan semua item yang sudah dipakai untuk upgrade skill.

Namun ketika kita Berubah Job, secara otomatis skill yang sudah diupgrade akan direset dan item untuk upgrade skill akan dikembalikan sepenuhnya.

4. Apakah Perlu Menyiapkan Senjata Baru ketika Berubah Job?

Tidak. Kamu tidak perlu menyiapkan senjata. Semisal kamu ingin berubah dari Mage ke Swordman, artinya senjata yang kamu pakai sekarang adalah Oath Tome. Kamu tidak perlu menyiapkan Solitary Blade (senjata Swordman) karena ketika Berubah Job akan disiapkan secara otomatis.

Kesimpulan

Sebelum Berubah Job, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu job baru yang kamu pilih mulai dari penggunaan skill, stat apa yang perlu di upgrade dan lain-lain. 

Jangan sampai setelah Berubah Job kamu malah menyesal memilih job tersebut karena tidak sesuai dengan ekspektasi kamu. Disamping itu, akan boros material jika harus berubah ke job semula.

Demikianlah pembahasan saya mengenai cara mengubah job di The Legend of Neverland, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close