Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan AI di Canva untuk Edit Foto

Canva adalah platform desain grafis online yang memungkinkan penggunanya untuk membuat berbagai macam konten visual seperti desain grafis, presentasi, poster, media sosial dan lain-lain. 

Platform Canva cukup populer karena antar muka pengguna yang mudah dipahami sehingga memudahkan penggunanya untuk membuat konten visual tanpa harus memiliki keterampilan desain yang tinggi.

Apa Itu Canva Ai?

Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini trend Generative AI sedang marak di masyarakat. Canva pun tidak tinggal diam, Canva turut mengintegrasikan fitur-fitur berbasis AI kedalam platformnya guna memudahkan penggunanya dalam membuat konten visual.

Terlebih lagi, banyak fitur Canva AI yang bisa digunakan secara gratis. Berikut ini beberapa fitur AI di Canva yang perlu kamu ketahui.

  1. Text to Image
  2. Magic Eraser
  3. Magic Edit
  4. Magic Design
  5. Instant Presentation
  6. Beat Sync
  7. Magic Write
  8. Translate

Cara Menggunakan AI di Canva untuk Edit Foto

Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan fitur Magic Edit (Edit Ajaib) karena ini adalah salah satu fitur AI yang gratis di Canva. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk memanipulasi foto seperti mengganti latar belakang, mengganti baju, menghapus objek, dan lain-lain. Berikut tutorialnya:

1. Buka Canva

Langkah pertama, silahkan buka platform Canva lalu login menggunakan akun yang sudah ada. Jika belum memiliki akun, silahkan buat terlebih dahulu.

2. Buat Proyek Baru

Di halaman utama aplikasi Canva, silahkan buat Proyek Baru dengan klik Create Design

Lalu tentukan ukuran desain yang akan digunakan.

3. Impor Foto ke Canva

Setelah membuat Proyek Baru, kamu akan dialihkan ke editor Canva. Silahkan masukkan foto yang akan diedit dengan cara klik menu Uploads lalu pilih Upload File

Buka folder foto tersimpan ➡ pilih foto ➡ Open

Klik foto tadi di Images maka foto akan dimasukkan ke editor Canva

4. Edit Foto Menggunakan Fitur Canva AI

Selanjutnya klik foto lalu Edit Photo.

Di Magic Studio, silahkan klik Magic Edit.

Kemudian seleksi bagian foto yang ingin di edit. Semisal disini saya ingin mengganti baju saya, maka yang saya seleksi hanya bagian baju saja. Klik Continue jika sudah.

Di kolom Describe your edit, silahkan masukkan promt. Semisal saya ingin mengubah baju jadi jas maka promt yang saya tulis "Setelan jas formal" lalu klik Generate

Tunggu beberapa saat sampai AI selesai memproses promt yang dimasukkan.

Jika sudah, kurang lebih seperti ini hasilnya.

Jika editan AI dirasa kurang pas, klik Generate new result untuk melihat tampilan lainnya. Tapi kalau sudah cocok, klik Done

5. Simpan Hasil Editan

Sebelum editan disimpan, kamu bisa menambahkan teks, stiker atau filter pada foto agar semakin terlihat lebih menarik dan kreatif.

Terakhir, simpan editan dengan format PNG atau JPEG.

Kesimpulan

Dengan hadirnya fitur AI (Artificial Intelligence) di Canva diharapkan dapat mempermudah seseorang dalam mengedit dan menghasilkan karya yang menakjubkan.

Walaupun demikian, beberapa fitur AI di Canva hanya bisa diakses menggunakan Canva Pro. Oleh karena itu, jika pekerjaan kamu lebih banyak menggunakan aplikasi ini tidak ada ruginya segera mengupgrade akun Canva ke versi pro.

Semoga membantu :)

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close