Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Refund Pembayaran di Google Play Store

Dalam era digital sekarang ini, pengguna perangkat mobile tidak hanya mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi dan menjalankan aplikasi sosial, tetapi juga sebagai pintu masuk ke berbagai layanan dan hiburan digital. 

Google Play Store adalah salah satu platform yang menyediakan akses ke ribuan aplikasi, game, film, buku, dan layanan digital lainnya. Namun, dalam pengalaman pengguna yang luar biasa ini, kadang-kadang terjadi situasi yang memerlukan proses refund atau pengembalian dana.

Pengembalian dana, atau yang lebih dikenal sebagai "refund," adalah mekanisme yang diberikan oleh Google Play Store kepada pengguna untuk mengatasi masalah seperti pembelian yang tidak diinginkan dalam game hingga aplikasi atau konten yang dibeli tidak sesuai harapan. 

Refund adalah  metode penting yang memungkinkan pengguna untuk tetap merasa aman dan nyaman ketika berbelanja di platform ini.

Cara Refund Pengembalian Dana di Google Play Store

Proses pengembalian dana di Google Play Store tergolong cukup mudah dan cepat. Semisal disini saya ingin refund semua pembayaran yang sudah saya lakukan di aplikasi game The Legend of Neverland. berikut tutorialnya.

1. Buka Aplikasi Google Play Store

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Play Store.

Di halaman utama aplikasi, klik menu Profile.

Lalu pilih akun google yang pernah kamu pakai untuk top up. Jika tidak ada dalam list, silahkan login terlebih dahulu ke akun tersebut.

2. Pilih Opsi Bantuan & Masukan

Jika sudah memilih akun Google yang pernah dipakai melakukan pembayaran, selanjutnya klik Bantuan & Masukan. 

3. Meminta Pengembalian Dana Google Play

Selanjutnya di Referensi bantuan populer, klik Meminta pengembalian dana Google Play.

Silahkan baca kebijakan pengembalian dana Google Play lalu Lanjutkan.

Konfirmasi ulang akun yang pernah digunakan untuk melakukan pembelian dengan klik Ya lalu Lanjutkan.

Pilih item pembelian yang akan direfund. Semisal disini saya ingin refund item 180 Cabala (The Legend of Neverland) yang saya beli per tanggal 15 Agustus 2023 dengan harga 32.190.00. Klik Lanjutkan jika sudah.

Pada bagian Select a reason for the refund, pilih Pembelian dilakukan oleh teman atau anggota keluarga tanpa sepengetahuan saya, lalu klik Lanjutkan

Kemudian di bagian Meninjau permintaan pengembalian dana Anda, masukkan alsan "Pembelian dilakukan oleh adik saya", lalu klik Meminta pengembalian dana.

4. Menunggu Pemgembalian Dana

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, kita perlu menunggu selama kurang lebih 2 hari atau 48 jam sampai dana kita dikembalikan.

5. Refund Sukses

Salah satu tanda refund yang kamu lakukan berhasil adalah dengan munculnya notifikasi "Dana Dikembalikan" pada item yang pernah kamu beli sebelumnya. 

Cara Mengatasi Pengembalian Dana Google Play Belum Masuk

Seperti yang sudah dijelaskan pada pusat bantuan pengembalian dana Google Play bahwa saat melakukan refund, dana tidak akan langsung masuk ke pembayaran kamu. Keputusan pengembalian dana akan diterima dalam kurun waktu 15 menit, tetapi juga kadang memakan waktu hingga 4 hari kerja.

Perlu diperhatikan juga bahwa kebijakan pengembalian dana Google Play tergantung pada item yang sudah dibeli. Oleh karena itu silahkan baca ketentuan Google Play sebelum melakukan refund.

Tapi kalau sampai batas waktu yang ditentukan uang kamu juga belum masuk, silahkan menghubungi pusat bantuan Google dengan menyertakan bukti screenshot dan deskripsi lengkap permasalahan refund yang kamu alami.

Kesimpulan

Di beberapa aplikasi yang itemnya pernah kita beli tentu mempunyai kebijakan tersendiri ketika kita melakukan pengembalian dana. Semisal di game yang sementara saya maini yakni The Legend of Neverland, ketika kita melakukan Refund maka akun yang sudah kita buat akan dihapus oleh pihak developer.

Oleh karena itu, bukan hanya membaca kebijakan refund di Google Play Store tapi ada baiknya kamu juga mencari tahu apa yang akan terjadi ketika kamu melakukan refund di suatu aplikasi.

Jangan sampai kamu sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga pada suatu game yang kamu maini, namun ketika melakukan refund, akun tersebut malah terhapus.

Demikianlah pembahasan saya mengenai cara meminta pengembalian dana di Google Play Store, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close