Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bot Telegram Untuk Mengubah Suara Jadi Teks

Selamat datang di Blogger Toraja.

Pada artikel sebelum-sebelumnya, saya telah membahas mengenai bot Telegram yang bisa digunakan untuk mengubah teks jadi suara. Dan pada kesempatan ini, saya akan membahas kebalikannya mengenai bagaimana cara mengubah suara menjadi teks menggunakan bot yang ada di aplikasi Telegram.

Baca Juga: Bot Telegram Untuk Mengubah Teks Jadi Suara

Pernahkah kamu bertanya bagaimana cara mengubah suara menjadi teks? Ya mungkin saja kamu lagi ada tugas di sekolah atau kampus tapi malas mengetik panjang lebar. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah mencari aplikasi ubah suara menjadi teks di android atau smartphone.

Namun tentu akan ribet lagi kalau kamu harus download dan instal aplikasi ubah suara jadi teks bukan? Ataukah menggunakan situs ubah suara jadi teks online. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan bot Telegram untuk mengatasi masalah tersebut. 

Bot Telegram pengubah suara jadi teks atau biasa juga dikenal dengan Speech to Text merupakan sebuah bot atau robot yang digunakan untuk melakukan serangkaian perintah khususnya untuk mengkonversi audio menjadi teks.

Pada pembahasan kali ini, saya akan mengulas bot tersebut. Jadi silahkan dibaca ulasannya agar kamu tidak kebingungan nantinya. Ulasan ini juga akan dilengkapi dengan gambar penunjang sehingga memudahkan kamu untuk memahasi isi artikelnya.

Bot Telegram Untuk Mengubah Suara Jadi Teks

Mungkin kamu sudah searching di penelusuran Telegram mengenai bot Speech to Text atau bot yang bisa digunakan untuk mengubah audio menjadi teks, namun setelah dicoba beberapa bot tersebut tidak berfungsi. Saya juga awalnya begitu ketika mencari bot untuk mengkonversi suara menjadi teks.

Namun setelah beberapa lama mencari, saya akhirnya menemukan sebuah bot yang bagus dan bisa kita gunakan untuk mengubah suara menjadi teks.

Jadi nama bot Telegram tersebut adalah @voicybot (Voicy)

Bot ini menurut saya sangat bagus karena dapat mengkonversi suara menjadi teks dengan beberapa format audio seperti .ogg, .flac, .wav dan .mp3.

Bot ini juga didukung oleh dua mesin pengenalan suara yakni wit.ai dan juga google speech. Awalnya bot ini diatur secara default menggunakan wit.ai akan tetapi kamu dapat beralih ke google speech kapan saja melalui pengaturan.

Pengenalan suara google speech tergolong lebih akurat namun kamu harus mengaturnya terlebih dahulu dengan fail kredensial google cloud kamu dan caranyapun agak sedikit ribet. Berbeda dengan wit.ai yang mungkin kurang akuran tapi kelebihannya adalah gratis.

Namun kedua pengenalan suara tersebut mendukung bahasa yang berbeda-beda, jadi silahkan pilih mana yang cocok untuk kamu gunakan.

Kumpulan Perintah Bot Speech to Text di Telegram

Pada bot Voicy, terdapat beberapa perintah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengaturan-pengaturan dasar dan juga untuk mendapatkan bantuan jika kebingungan dalam menggunakan bot. Berikut beberapa perintah tersebut.

  • /start digunakan untuk mulai menggunakan bot
  • /engine digunakan untuk memilih mesin pengenalan suara apakah google speech atau wit.ai
  • /help digunakan untuk memunculkan fitur bantuan
  • /language digunakan untuk memilih bahasa pengenalan suara
  • /lock digunakan untuk mengunci atau membuka kunci nonadmin menggunakan perintah di obrolan grup
  • /files digunakan untuk mengalihkan jika bot mencoba mengkonversi fail audio atau mengabaikannya
  • /silent digunakan untuk mengalihkan ke mode senyap saat tidak ada pesan tambahan seperti pengenalan suara
  • /google digunakan untuk menyiapkan kredensial google untuk google speech
  • /geeky digunakan untuk membuka fungsi tambahan yang kebanyakan digunakan oleh pengguna tingkat lanjut seperti berbagi kredensial google atau mengabaikan batas 20 MB dalam Telegram
  • /privacy untuk membuka dan melihat kebijakan privasi bot

Cara Mengubah Suara Menjadi Teks dengan Bot Telegram

Berikut ini langkah-langkah mengubah suara menjadi teks menggunakan bot Telegram @voicybot:

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Telegram lalu pada kolom pencaharian ketik @voicybot. Jika botnya sudah muncul silahkan di klik.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama bot, klik Start/Restart untuk memulai dan akan muncul pengenalan dasar-dasar dari Voicy bot.
  • Untuk mengubah suara jadi teks, silahkan klik dan tahan gambar mikrophon di sebelah kanan bawah. Tahan sambil bicara, jika sudah silahkan lepaskan dan audio akan masuk ke dalam bot secara otomatis.
  • Tunggu beberapa saat sampai suara yang kamu masukkan diubah menjadi teks

Catatan: karena kita menggunakan pengenalan suara wit.ai maka usahakan ketika merekam suara, suaranya harus jelas agar bisa dibaca dan dimengerti yang selanjutnya dikonversi menjadi teks dengan baik oleh bot.

Nah bagaimana cara mengubah audio yang sudah ada dalam penympanan internal kita? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama silahkan klik icon media yang berada di dekat icon mikrofon.
  • Untuk memasukkan audio, silahkan scrooll ke sebelah kanan lalu pilih Music. Selanjutnya pilih audio yang ingin kamu konversi menjadi teks
  • Jika sudah tunggu beberapa saat sampai audionya berhasil di konversi.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Bot Telegram Untuk Mengubah Suara Jadi Teks, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard