Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Baca Cerpen dan Novel di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Novel merupakan salah satu karya sastra yang berbentuk prosa. Novel biasanya hasil imajinasi seseorang yang dituangkan dalam bentuk cerita yang enak dibaca dan membahas tentang permasalahan kehidupan mulai dari percintaan, masalah rumah tangga, horor, pekerjaan dan lain sebagainya. 

Cerita dalam novel dimulai dari permasalahan yang dialami oleh tokoh utama dan akan diakhiri dengan penyelesaian masalah. 

Biasanya untuk membaca novel, kita membeli novel di toko buku ataupun membacanya di situs website baca novel di internet. Disamping itu, sekarang ini juga banyak aplikasi baca novel yang bisa digunakan untuk membaca novel secara gratis maupun berbayar. 

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca novel secara gratis adalah Telegram. Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan mengenai bagaimana cara membaca novel di Telegram, 100% gratis. 

Channel Telegram Ebook Novel PDF Bahasa Indonesia

Di aplikasi Telegram, ada banyak sekali channel yang menyediakan ebook novel bahasa Indonesia dalam bentuk format file .pdf yang bisa kamu baca dan download secara gratis. Nah berikut ini beberapa rekomendasi channel Telegram yang menyediakan novel Indonesia dan bisa kamu kunjungi. 

1. Novel Indonesia PDF

Novel Indonesia PDF merupakan channel Telegram dengan subcribers lebih dari 6 ribu orang. Channel ini menyediakan banyak sekali novel bahasa Indonesia dalam bentuk format file .pdf dan bisa kamu baca dan download secara gratis. 

Kebanyakan novel di channel ini membahas seputar percintaan dan masa-masa sekolah jadi kalau kamu suka dengan jenis novel seperti itu, maka segera kunjungi channelnya di link berikut: https://t.me/tatanata_21

2. Web Novel Indonesia

Web Novel Indonesia merupakan channel Telegram yang menyediakan banyak sekali novel, bukan hanya novel buatan Indonesia namun juga dari negara lain seperti China (yah walaupun kebanyakan novel China sih). 

Walaupun pengikutnya baru sedikit namun novel yang disediakan lumayan lengkap dan bisa kamu baca secara gratis. Untuk format file novelnya dalam bentuk .pdf dan .epub. untuk menemukan channel ini di Telegram bisa menggunakan link berikut: https://t.me/webnovel_id

3. Cerpen & Novel

Cerpen & Novel merupakan channel Telegram dengan pelanggan lebih dari 3000 orang. Channel ini menyediakan novel dan cerpen yang bisa kamu baca langsung di chatroom karena tidak diupload dalam bentuk pdf ataupun epub tapi langsung dikirim dalam bentuk teks. Untuk menemukan channel ini di Telegram bisa menggunakan link berikut: https://t.me/CerpenNovel

Sebenarnya masih banyak channel, grup maupun bot Telegram novel dan cerpen yang menyediakan novel secara lengkap namun tidak kami muat di artikel ini. Silahkan telusuri saja novelnya di kolom pencarian Telegram. 

Cara Membaca dan Mendownload Novel di Telegram

Pembahasan saya selanjutnya adalah bagaimana cara membaca dan mendownload novel di Telegram. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian ke kolom pencarian kemudian ketik nama channel atau judul novel yang ingin kamu baca. Jika channelnya sudah muncul silahkan di klik. Atau lebih simpelnya kamu bisa klik link channel yang sudah saya cantumkan diatas maka kamu akan diarahkan langsung ke channel baca Novel dan cerpen. 

  • Klik Join terlebih dahulu untuk bergabung kedalam channel
  • Jika novelnya dalam bentuk PDF atau epub maka download filenya terlebih dahulu agar bisa dibaca. Namun ada juga novel yang langsung diposting di chatroom dalam bentuk teks jadi tidak perlu di download lagi. 

Kamu juga bisa menyimpan novel dan cerpen ke HP kamu. Untuk panduan menyimpan file silahkan baca di artikel saya sebelumnya: Cara Menyimpan File di Telegram

Catatan: jika file novel dalam bentuk pdf maka kamu perlu pdf raider untuk membuka file pdf di HP kamu. Jika belum diinstal maka kamu tidak bisa membuka filenya. Oleh karena itu kamu bisa mendownload dan menginstal WPS Office untuk membuka file pdf dan membaca novel

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Baca Cerpen dan Novel di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close