Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Baca dan Download Manga di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Manga merupakan serial komik yang berasal dari Jepang. Setiap anime yang dirilis biasanya disertai dengan manga-nya dan manga biasanya jauh lebih didepan chapternya dibanding dengan anime. 

Apabila chapter manga dan animenya berdekatan maka pihak produsen biasanya mempending dulu pembuatan anime dan lebih fokus membuat manga agar anime dan manga tersebut ada jarak. 

Biasanya manga menjadi solusi bagi mereka yang sudah penasaran dengan jalan cerita anime namun harus menunggu seminggu lagi agar chapter anime terbaru dirilis. 

Manga bukan hanya digemari di negara asalnya yakni Jepang, namun juga digemari di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Biasanya untuk membaca manga, kita bisa membeli buku serialnya. Disamping itu, kita juga bisa membaca manga melalui situs-situs baca manga yang ada di Internet maupun aplikasi manga. 

Namun terkadang jika kita membaca manga di situs-situs website, ada banyak sekali iklan yang mengganggu ditambah lagi jika websitenya berat untuk memuat gambar manga. Hal tersebut pasti akan membuat kita semakin jengkel bukan? 

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Telegram untuk membaca manga bahasa Indonesia. Dan pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memberikan beberapa rekomendasi channel dan bot Telegram baca manga Jepang bahasa Indonesia juga cara mendownload manga tersebut. 

Channel dan Bot Telegram Manga Bahasa Indonesia

Di aplikasi Telegram, ada banyak sekali channel dan bot yang bisa kamu gunakan untuk membaca dan mendownload manga bahasa Indonesia secara gratis. Berikut ini beberapa rekomendasi channel dan botnya. 

1. Manga One Piece Bahasa Indonesia

Jika kamu suka nonton anime One Piece dan ingin membaca manganya, maka tidak ada salahnya kamu mengunjungi channel Telegram Manga One Piece Bahasa Indonesia. Channel ini sudah memiliki followers lebih dari 9000 orang dan selalu memberikan updatetan manga One Piece terbaru dalam bentuk pdf. Kamu bisa langsung mengunduh manga tersebut ke HP kamu untuk dibaca secara offline. 

Untuk menemukan channel ini di Telegram, kamu bisa menggunakan link berikut: https://t.me/oploverzzmanga

2. Bot Telegram Read Manga

Di aplikasi Telegram juga ada bot yang bisa digunakan untuk membaca manga. Nama bot tersebut adalah Read Manga bot discord. Bot ini memiliki banyak sekali koleksi manga yang bisa kamu baca secara gratis. Disamping itu kamu juga bisa merequest manga yang ingin kamu baca untuk dimasukkan ke bot.

Disamping untuk baca manga, bot ini juga menyediakan walpaper anime HD yanh bisa kamu download secara gratis. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa dengan username berikut: @Read_mangabot

3. Manga Tokyo Revengers Sub Indo

Tokyo Revengers merupakan salah satu anime terpopuler dan terlaris di tahun 2021. Sejak anime ini dirilis, ada banyak sekali pecinta anime termasuk di Indonesia yang tidak sabar menunggu chapter terbaru dirilis. Sembari menunggu episodenya rilis maka tidak ada salahnya kamu juga membaca manga-nya. 

Untuk membaca manga Tokyo Revengers bahasa  Indonesia di Telegram, kamu bisa mengunjungi channel Manga Tokyo Revengers Sub Indo. Channel ini menyediakan manga rilisan terbaru dalam bentuk format file pdf dan bisa kamu download dan baca secara gratis. Untuk menemukan channel ini, bisa menggunakan link berikut: https://t.me/animangatokyorevengers

4. Boruto Manga & Anime

Salah satu serial anime paling populer saat ini adalah Boruto. Anime ini merupakan lanjutan dari serial Naruto yang sudah tamat beberapa waktu yang lalu. Tapi disini yang menjadi MCnya adalah anaknya Naruto yakni Boruto. 

Selain menonton animenya, banyak orang juga membaca manganya. Jika kamu ingin membaca manga Boruto di Telegram bisa menggunakan channel Boruto Manga & Anime. Channel ini menyediakan manga Boruto yang akan update ketika ada rilisan chapter baru dalam bentuk format pdf. Untuk menemukan channel ini di Telegram bisa menggunakan link berikut: https://t.me/borutomangaboruto

5. Manga Sekai

Manga Sekai merupakan channel telegram yang menyediakan koleksi manga cukup lengkap dan beragam. Hampir semua genre manga tersedia di Manga Sekai. Manga yang disediakan dalam channel ini menggunakan bahasa Inggris dan untuk format file dalam bentuk .zip. Jika kamu ingin mengunjungi channel ini bisa menggunakan link berikut: https://t.me/mangax

6. Webtoon Bot

Jika kamu suka membaca komik daring (online) di aplikasi Webtoon, maka tidak ada salahnya kamu juga mengunjungi bot Telegram Webtoon. Bot ini merupakan akun official Webtoon di Telegram dan menyediakan link channel yang berisi informasi dan komik Webtoon maupun grup dimana kamu bisa berinteraksi dengan pengguna Webtoon. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan link berikut: https://t.me/Webtoon_channelbot

7. Manga Manhwa Manchua Comics

Manga Manhwa Manchua Comics merupakan channel Telegram yang menyediakan manga dan komik ongoing anime secara lengkap mulai dari Black Clover, Boruto, dan lain sebagainya. Kamu bisa membaca komik di channel ini dalam bentuk PDF format ataupun bisa mengklik link yang disediakan dan kamu akan diarahkan ke web baca komik. 

Channel ini telah memiliki lebih dari 30 ribu subscribers dan bisa kamu akses melalui link berikut: https://t.me/manga_manhwa

Selain channel dan bot yang saya rekomendasikan diatas sebenarnya masih banyak sekali channel, grup dan bot Telegram yang menyediakan manga gratis. Kamu tinggal mencarinya di kolom pencarian lalu mengetik nama manga yang ingin kamu baca. 

Cara Membaca Manga di Telegram

Pembahasan saya selanjutnya adalah cara membaca manga di Telegram. Yah siapa tahu kamu pengguna baru aplikasi Telegram dan belum tahu trik ini. 

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian ke kolom pencarian lalu ketik nama manga yang ingin kamu baca misalnya disini saya ingin membaca manga One Piece. Jika channelnya sudah muncul, silahkan di klik. Atau kamu juga bisa mengklik link channel dan bot yang sudah saya cantumkan diatas maka kamu akan dibawah langsung ke channel dan botnya. 

  • Klik Join terlebih dahulu untuk bergabung ke channel kemudian klik icon donwload untuk membaca manga di Telegram

Catatan: jika manganya dalam bentuk pdf, pastikan kamu menginstal wps office di HP kamu terlebih dahulu untuk bisa membuka file. 

Cara Download Manga di Telegram

Jika kamu ingin mengoleksi dan menyimpan manga ke dalam HP kamu maka kamu harus menyimpan filenya terlebih dahulu. Untuk bagian ini telah saya bahas di artikel saya sebelumnya. Klik link berikut untuk membaca Cara Menyimpan File di Telegram

Kesimpulan dan Penutup

Telegram memang aplikasi dengan segudang manfaat, salah satu manfaatnya adalah bisa kamu gunakan untuk membaca manga secara gratis. Tentu ini akan membantu kamu apalagi jika kamu tidak punya uang untuk membeli manga di toko buku. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Baca dan Download Manga di Telegram. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard