Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bot Telegram yang Berguna untuk Pelajar dan Mahasiswa

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Sebagai pelajar maupun mahasiswa, tentu kita semua sepakat bahwa belajar bukan hanya dilakukan disekolah namun bisa dimana saja. Belajar tidak bisa dibatasi oleh sekat-sekat ruang kelas. Oleh karena itu dimanapun kita bisa belajar dan segala hal bisa kita pelajari dari sekeliling kita. 

Apalagi sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat maka tidak ada salahnya kita memanfaatkan perkembangan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan membantu studi kita. 

Sekarang ini ada banyak sekali situs-situs website maupun aplikasi di HP yang sangat berguna bagi pelajar dan mahasiswa dalam membantu studi mereka, salah satunya adalah aplikasi Telegram. 

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memberikan beberapa rekomendasi bot Telegram yang berguna untuk pelajar dan mahasiswa. Bot ini memiliki beragam fungsi dan menurut saya wajib kamu masukkan kedalam list bot Telegram yang berguna di HP kamu. 

Bot Telegram yang Berguna Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Bot merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi Telegram dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan tergantung jenis botnya. Kita sebagai user hanya memberikan perintah lalu bot akan memproses secara otomatis dan hasilnya akan langsung ditampilkan di chatroom bot. 

Di aplikasi Telegram, ada beberapa bot yang memang dibuat khusus untuk mempermudah studi bagi pelajar (SD, SMP, SMA) dan juga anak kuliahan (mahasiswa). Namun bukan berarti bot ini tidak bisa digunakan oleh orang diluar kategori pelajar dan mahasiswa. Semua orang berhak kok menggunakan bot-bot tersebut. 

Berikut ini beberapa bot yang berguna bagi pelajar dan mahasiswa yang wajib kamu coba dan gunakan:

 1. Bot Chat Dosen

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara merangkai kata untuk menghubungi dosen, bot chat dosen bisa menjadi solusi. Bot ini bisa memunculkan kata-kata yang akan dikirim ke dosen sesuai dengan kebutuhan kita misalnya ingin konsul, meminta izin, mengingatkan dosen dan lain sebagainya. 

Kita tinggal memasukkan identitas kita ke chatroom bot dengan format yang sudah disediakan contohnya nama, kelas, mata kuliah, dll dan bot akan langsung memunculkan pesannya. Pesan tersebut bisa langsung kamu teruskan ke dosenmu. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakab username berikut: @ChatdosenBot

2. Bot Nulis Telegram

Buat kamu yang punya tugas mencatat tapi malas untuk menulis maka Bot Nulis By @its.willl_ Telegram bisa menjadi solusi untuk kamu. Bot ini mampu mengubah teks menjadi tulisan tangan di buku catatan. 

Ada beberapa jenis bentuk tulisan tangan yang bisa kamu gunakan serta kamu bisa menyesuaikan tanggal, nama, warna tulisan, dll dan dengan demikian guru kamupun tidak akan curiga bahwa itu merupakan tulisan tangan yang dibuat oleh bot. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username: @Rajinnulis_bot

3. Bot Ubah File Word, Excel, Powerpoint, Gambar dan Teks ke PDF

Biasanya kita mendapat tugas dari dosen atau guru untuk membuat tugas yang dibuat di MS word (dokumen), Excel maupun presentasi (Powerpoint) namun sebelum tugas tersebut dikirim kita diminta untuk mengubahnya terlebih dahulu ke bentuk PDF. 

Untuk itu bot Telelegram Office2pdf bisa menjadi solusi untuk kamu. Bot ini mampu mengkonvert file-file seperti docs, xls, ppt, jpg, png, txt maupun teks ke bentuk PDF dengan mudah. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username @office2pdf_bot

4. Bot Ebook dan Jurnal Telegram

Sebagai pelajar dan mahasiswa, pasti kita membutuhkan referensi ketika mau membuat tugas baik itu berupa buku/ebook maupun jurnal penelitian. Untuk itu kamu bisa menggunakan bot Telegram Nexus Search untuk mencari buku elektronik (ebook) maupun jurnal kemudian mendownloadnya secara gratis dalam bentuk format pdf dan epub. 

Bot ini menyediakan banyak sekali buku referensi dan jurnal penelitian dalam berbagai bidang keilmuan. Buku-bukunyapun berasal dari seluruh dunia. Untuk menemukan bot ini bisa menggunakan username @libgen_scihub_bot

5. Bot Penerjemah Bahasa

Di bangku sekolah maupun kuliah, pasti kita tidak akan lepas dari pelajaran bahasa dan untuk menerjemahkan bahasa biasanya kita membutuhkan kamus. Tapi seiring perkembangan zaman, di Telegram juga sekarang sudah banyak bot penerjemah bahasa yang bisa mentranslate semua bahasa di dunia. 

Salah satu bot penerjemah yang ada di Telegram yakni Translate ID. Bot ini mampu menerjemahkan beberapa bahasa sesua dengan perintah yang diberikan. Untuk menemukan bot ini di Telegran bisa menggunakan username @TranslateID_Bot

6. Bot Ubah Gambar Menjadi Teks Tulisan

Malas mengetik? Kamu bisa memfoto bukumu kemudian mengubahnya menjadi teks dalam sekejap menggunakan bot ubah gambar/foto jadi teks tulisan. Nama bot ini adalah OCR Bot - Bacakubot. Untuk menemukan bot ini di aplikasi Telegram bisa menggunakan username @bacakubot

7. Bot Belajar dan Tafsir Alkitab Telegram

Buat kamu mahasiswa teologi Kristen dan pendidikan agama Kristen, dalam proses pembelajaran pasti kamu membutuhkan referensi berupa tafsiran alkitab. Untuk itu bot Sabda bisa menjadi solusi untuk kamu. 

Bot ini memiliki kumpulan tafsiran Matthew Henry lengkap dan bisa kamu gunakan dalam belajar Alkitab. Disamping itu ada juga literatur dan fitur-fitur lainnya yang membantu kita di kelas dan juga dalam pelayanan maupun ibadah. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username @sabdabot

8. Bot Matematika dan Kimia Telegram

Ada kendala di mata pelajaran matematika? Atau ada tugas matematika yang sulit untuk kamu kerjakan? Gunakan bot Telegram matematika untuk membantu kamu. Nama bot ini adalah Si Pintar Matematika Kimia. 

Sesuai dengan namanya, bot ini bukan hanya membantu kita di pelajaran matematika saja namun juga di pelajaran kimia. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username @SiPintarMatematika_bot

9. Bot Membuat QR Kode

Ketika kuliah biasanya dosen memberikan kita tugas dan menguploadnya di blog namun link blognya harus diubah terlebih dahulu menjadi gambar kode QR. Alasannya agar situs tersebut mudah dibuka karena tinggal discan di HP dan URLnya tidak berubah-ubah. Untuk itu kamu bisa menggunakan bot QRcoder. 

Bot ini mampu mengubah teks dan link (url) menjadi gambar Code QR dalam sekejap. Disamping itu kamu bisa bisa mengscan dan membaca QR kode yang dikirim dosenmu menggunakan bot ini. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username berikut @QRcodegen_bot

10. Bot Pertanyaan Psikologi

Buat kamu mahasiswa psikologi dan diminta untuk membuat pertanyaan psikologi mungkin bisa mengambil referensi dari bot Telegram Pertanyaan Psikologi. Bot ini juga bisa digunakan untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya dengan menjawab setiap pertanyaan yang muncul dalam chatroom bot. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username berikut @pertanyaanpsikologi_bot

Sebenarnya masih ada banyak rekomendasi bot yang berguna bagi pelajar dan Mahasiswa di Telegram namun tidak sempat kami muat di artikel ini. Namun setidaknya 10 bot yang kami rekomendasikan diatas memang wajib untuk kamu simpan di list chat bot kamu. 

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih. 

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close