Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membersihkan Data Sampah Cache di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu pengguna Telegram, pasti setelah kamu menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal seperti menonton film, download video, mencari foto dan dokumen pasti kamu merasa memori internal kamu cepat sekali habis.

Kamu sudah melakukan berbagai macam cara agar memori kamu tidak penuh seperti menghapus banyak sekali aplikasi yang jarang digunakan maupun file seperti foto, video, dokumen namun hal tersebut seakan tidak terlalu berpengaruh terhadap penyimpanan internal kamu? Mungkin saja hal tersebut dikarenakan banyaknya data sampah atau cache yang tersimpan di memori kamu terutama di aplikasi Telegram.

Apa itu cache? Jadi cache adalah sebuah proses yang dilakukan oleh aplikasi yang ada di smartphone untuk menyimpan informasi sehingga kamu tidak perlu lagi mengunduh data tersebut berulang kali sehingga mempercepat kunjungan kamu selanjutnya di aplikasi tersebut. Cache bisa berupa foto, video, dokumen, musik, url maupun berkas-berkas lainnya.

Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan memberian tutorial menghapus data sampah atau cache di aplikasi Telegram android dan iPhone (IOS) agar memori HP kamu tidak sekarat. Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara Membersihkan Data Sampah Cache di Telegram Android dan Iphone

Berikut ini cara membersihkan data sampah cache di Telegram HP android dan Iphone dengan mudah:

  • Pertama, buka apliasi Telegram di HP android dan Iphone (IOS)
  • Klik icon menu (garis tiga) di pojok kanan atas
  • Selanjutnya pilih PengaturanData dan PenyimpananPemakaian Penyimpanan
  • Untuk menghapus data sampah, klik Bersihkan Cache
  • Kemudian kamu akan diperlihatkan jumlah cache di folder Telegram yang tersimpan di HP kamu berupa Foto, Video, Dokumen, Musik, maupun Berkas lainnya. Klik Bersihkan Cache untuk menghapusnya
  • Jika sudah maka data cache telah berhasil dihapus dan mengosongkan banyak memori sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file lainnya.

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Cache di Telegram

Mungkin kamu penasaran, apa yang akan terjadi jika cache dihapus atau dibersihkan di aplikasi Telegram? Yang pastinya jika cache Telegram dihapus maka akan mengosongkan ruang penyimpanan internal di HP kamu. 

Namun dampak buruknya adalah semua hal yang telah kamu unduh di Telegram dalam hal ini yang belum di save akan terhapus (gambar, video, dokumen yang sudah di download belum tentu akan tersimpan di galeri dan folder HP kecuali kita sudah menyimpannya. File tersebut akan berubah dalam bentuk cache dan bisa kita buka tanpa harus menyimpannya. hal ini sudah saya ulas di artikel saya sebelumnya)

Artikel Terkait: Cara Mendownload dan Menyimpan File di Telegram

Misalnya saja kamu menonton film di Telegram dan filmnya telah kamu unduh semua. Sebelum cachenya dibersihkan kamu masih bisa menonton film tersebut berulang-ulang di Telegram tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu. Namun setelah dibersihkan maka kamu harus mendownloadnya kembali agar bisa dinonton. 

Kecuali kamu sudah menyimpan filmnya ke galeri HP maka biarpun cachenya dibersihkan itu tidak akan masalah karena kamu masih bisa menontonnya secara offline melalui galeri HP kamu. Ketika cache dibersihkan, file yang sudah kita simpan di memori internal tidak akan hilang.

Kesimpulan dan Penutup

Membersihkan cache Telegram sebenarnya ada baiknya ada juga buruknya, namun saya sarankan jika file tersebut memang penting maka simpanlah terlebih dahulu ke folder HP kamu (tutorialnya sudah saya cantumkan diatas) sebelum cachenya dibersihkan sehingga kamu tidak perlu mendownload datanya lagi. 

Demkianlah pembahasan saya mengenai Cara Membersihkan Data Sampah Cache di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard