Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memotong Gambar di Laptop

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Memotong atau crop gambar adalah salah satu usaha untuk menyeleksi dan membuang bagian yang tidak dibutuhkan pada gambar/foto dan mempertahankan bagian yang penting. Dalam memotong gambar, kita bisa mencrop sesuai dengan bentuk objek yang ada pada gambar atau bisa juga menggunakan skala perbandingan misalnya 1:1, 16:9, 3:4 dan lain-lain. 

Untuk memotong gambar, ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan terutama di laptop. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk memotong gambar sesuai bentuk di laptop dan juga bagaimana cara crop gambar di laptop dengan mudah dan cepat, dijamin pasti rapi.

Aplikasi Untuk Memotong (Crop) Gambar di Laptop

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk memotong atau crop gambar dilaptop dengan mudah. Ada beberapa aplikasi yang memang sudah terinstal dengan sendirinya di laptop sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi menginstal aplikasi editing foto yang ukurannya terlalu berat dan bisa membebani kapasitas penyimpanan di laptop.

1. Microsoft Word 2010, 2013, 2016, 2019

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi Microsoft Word. Aplikasi perkantoran yang biasanya digunakan untuk membuat dan mengelolah dokumen ini ternyata bisa juga digunakan untuk memotong gambar atau foto. Namun tidak semua versi MS Word bisa digunakan untuk crop gambar, hanya Word 2010, 2013, 2016 dan 2019 saja yang bisa, jadi jika kamu masih menggunakan Word 2007 silahkan upgrade aplikasimu ke versi terbaru agar bisa menikmati fitur-fitur tambahan yang disediakan, salah satunya fitur Crop. Gambar yang sudah kamu potong tadi kemudian bisa disimpan dalam bentuk format jpg, png, pdf dan lain-lain.

Artikel Terkait: Cara Memotong (Crop) Gambar di Microsoft Word

2. Photoshop

Mungkin kamu juga sudah tidak asing lagi dengan istilah Photoshop. Adobe Photoshop atau biasa juga disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para profesional untuk membuat desain karya mereka juga sebagai penunjang para pengusaha dibidang desain grafis. Jadi sudah pasti donk, kamu bisa menggunakan photoshop untuk memotong gambar/foto dengan mudah dan bahkan kamu bisa memotong gambar sesuai bentuk yang diinginkan dengan aplikasi ini.

3. Paint

Microsoft Paint adalah editor grafis raster sederhana yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuka dan menyimpan gamnbar dalam bentuk format Windows bitmap, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF satu halaman. Seperti yang sudah saya utarakan diatas bahwa aplikasi ini memang sudah ada dalam laptop saat windows diinstal (aplikasi edit bawaan windows). Aplikasi ini memang tidak memiliki banyak tools editor seperti Photoshop tapi setidaknya dengan aplikasi ini kamu bisa membuat editan sederhana pada gambar/foto misalnya digunakan untuk memotong gambar.

Sebenarnya masih banyak aplikasi di laptop yang bisa kamu gunakan untuk memotong gambar seperti photoscape, Microsoft PowerPoint, Adobe Lightroom, Skylum Luminar, Photopos Pro dan lain-lain. Tapi setidaknya 3 aplikasi yang direkomendasikan diatas saya yakin sudah terinstal di laptop kamu jadi kamu tidak harus menginstal aplikasi tambahan lagi hanya untuk mengcrop gambar.

Cara Memotong Gambar/Foto di Laptop Dengan Paint

Berikut ini cara memotong atau crop gambar/foto di laptop dan komputer menggunakan aplikasi Paint:

  • Pertama, buka aplikasi Paint di laptop
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, masukkan gambar kedalam aplikasi dengan cara klik FileOpen
  • Buka folder tempat gambar tersebut tersimpan → pilih gambar (sebagai contoh disini saya akan memotong gambar screenshot/tangkapan layar) → Open
  • Jika gambar sudah berada dalam halaman pengeditan, kecilkan ukuran gambar agar lebih mudah diedit dengan klik Zoom Out, untuk memperbesar kembali klik Zoom in. Untuk memotong gambar, klik Select lalu arahkan kursormu ke gambar dan seleksi bagian yang akan dipotong
  • Kemudian klik Crop untuk memotong gambar atau foto
  • Jika sudah maka gambar akan terpotong secara otomatis. Klik icon Save untuk menyimpan gambar ke folder laptop kamu.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Rekomendasi Aplikasi Untuk Memotong (Crop) Gambar di Laptop dan Cara Memotong Gambar di Laptop, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard