Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah PPT ke PDF di HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat presentasi entah itu di laptop menggunakan Microsoft PowerPoint atau di HP menggunakan WPS Office, biasanya kita akan menyimpan file presentasi secara default kedalam bentuk file PPT atau PPTX. File PPT dan PPTX memang dikhususkan untuk kebutuhan presentasi dihadapan orang banyak atau audience.

Namun bisakah file PPT PowerPoint diubah menjadi PDF di HP Android? Jawabannya tentu saja bisa. Ada banyak sekali kegunaan file PPT yang diubah menjadi PDF, salah satunya jika kamu ingin mencetak presentasi tersebut maka file PPT bisa kamu ubah terlebih dahulu kedalam bentuk PDF.

Disamping itu, jika kamu membuat PPT menggunakan template hasil download dari sumber lain atau menggunakan font yang didownload dari sumber lain bukan menggunakan apa yang sudah ada dalam sistem maka saat presentasi tersebut dibuka di perangkat lain, hasilnya pasti akan berbeda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengakali masalah tersebut adalah mengubah PPT menjadi PDF. Dengan cara ini, file dapat dibuka oleh semua pengguna dengan berbagai perangkat walaupun tampilan animasi slide tidak akan tersedia lagi.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah slide PPT PowerPoint ke PDF di HP Android. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Convert PPT ke PDF di HP Android

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk konversi PPT ke PDF di HP Android, salah satunya adalah WPS Office.

WPS Office merupakan seperangkat alat kerja perkantoran yang bisa kamu jalankan di segala perangkat seperti di Android, iOS, Microsoft Windows dan lain-lain. Fungsi aplikasi ini adalah untuk membuat dan mengelolah dokumen Word (WPS Writter), Excel (WPS Spreadsheet), PowerPoint (WPS Presentation) dan PDF.

Disamping itu, WPS Office masih memiliki sejumlah fitur lainnya termasuk fitur convert PPT to PDF yang bisa digunakan secara gratis. 

Bagi beberapa smartphone terutama HP buatan China ketika baru dibeli, WPS Office biasanya sudah secara default terinstal di perangkat. Namun bagi kamu yang belum instal, silahkan download dulu aplikasinya di Playstore atau App Store.

Cara Mengubah PPT ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Berikut ini cara mengubah slide PPT PowerPoint ke PDF gratis di HP Android dan iPhone menggunakan aplikasi WPS Office:

  • Buka WPS Office di HP Android atau iPhone
  • Didalam aplikasi, buat presentasi PowerPoint baru atau buka file PPT yang sudah ada dan akan diubah menjadi PDF.
  • Untuk mengubah PPT ke PDF, klik icon tools di pojok kiri bawah
  • Selanjutnya ke menu Berkas → Simpan Sebagai
  • Karena kita akan menyimpan file PDF ke folder HP, bukan di Cloud Storage WPS Office jadi silahkan klik Jalur
  • Lalu klik Lokasi
  • Kemudian pilih Telepon
  • Pilih Folder dimana kamu akan menyimpan PPT yang akan diubah menjadi PDF. Jika sudah, klik .pptx
  • Lalu pilih .pdf
  • Jika semua sudah diatur, klik Ekspor ke PDF
  • Lalu tunggu sampai proses convert PPT ke PDF selesai
  • Jika sudah silahkan buka penyimpanan internal pada HP kamu lalu buka folder tempat kamu menyimpan file PDF tadi. Disitu kamu akan melihat file presentasi dalam bentuk PDF dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah PPT ke PDF di HP Android Menggunakan WPS Office, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close